Rancangan Sistem Operasi

Latar belakang

    Melihat dari beberapa masalah yang sering terjadi pada pengguna software editing . Maka sistem operasi ini di buat agar mengurangi Bug atau crach pada software-software secara khusus dan memudahkan penggunanya dalam pekerjaan , dengan ini saya merancang Sistem Operasi yang di beri nama OS El. Yang dimana  Outputnya ketika kita membuka software yang telah di setting dmaka otomatis sistem operasi ini akan bekerja sebagaimana tugasnya . contoh kecilnya MengEnd Task Sistem yang tidak di perlukan saat membuka adobe priemere pro agar proses rendering bekerja secara optimal lalu dengan otomatis synchronize antara lagu dan footage vidio yang berisi bagsound sama dengan lagu  .


            System operasi merupakan program yang paling penting pada komputer . sistem operasi di sebut juga platform software yang terdiri dari program utama dan program low level yang mengatur sistem operasi computer . kumpulan program ini menyediakan layanan control terhadap sumber daya computer . secara khusus  , sistem operasi menangani control dan penggunaan sumber daya perangkat keras , seperti sidc room , memory , processor , dan perangkat tambahan seperti mouse , keyboard , dan lain-lain .


Tujuan penelitian

            Dari pernyataan  - pernyataan di atas dapat di rumuskan bahwa tujuan perancangan ini  adalah sebagai berikut :

1.Yang pertama tentu untuk memenuhi syarat dari project mata kuliah sistem operasi

2.  Merancang sistem operasi yang akan saya beri nama OS EL

3.  Mempercepat dalam proses rendering video dalam proses editing

4.  Untuk memudahkan pekerjaan dalam pekerjaan saya sebagai Konten Creator , yang kesehariannya hanya mengedit dan menyatukan footage-footage ( membuat video music )


Manfaat penelitiaan

  Berdasarkan penelitian saya manfaat dari OS  ini sebagai berikut :

1. Manfaatnya agar mempermudah dan mempercepat dalam pekerjaan saya  sebagai Director Music   Vidio Hip-hop , Dokumenter video , Cinematic , dan lain-lain.

2. Mengurangi crach dan freeze dalam proses editing

3. Menambah wawasan dan cara berfikir saya sebagai mana project ini membuat saya harus berikir bagaimana saya membuat OS yang membantu saya dalam pekerjaan saya walau hanya sampingan  karna saya adalah mahasiswa dari Universitas papua.


Arsitektur modern komputer



GPU = Graphics Processing Unit; AGP = Accelerated Graphics Port; HDD = Hard Disk Drive; FDD = Floppy Disk Drive; FSB = Front Side Bus; USB = Universal Serial Bus; PCI = Peripheral Component Interconnect; RTC = Real Time Clock; PATA = Pararel Advanced Technology Attachment; SATA = Serial Advanced Technology Attachment; ISA = Industry Standard Architecture; IDE = Intelligent Drive Electronics/Integrated Drive Electronics; MCA = Micro Channel Architecture; PS/2 =Sebuah port yang dibangun IBM untuk menghubungkan mouse ke PC ;


1.   Processor : otak dari sebuah komputer atau komponen pokok dari sistem komputer. Fungsinya untuk menunjukkan instruksi ke fetch intstruksi ke sebuah spot di memori yang menampung instruksi. Fetch kemudian menangkap instruksi tersebut dan memberikan ke dekoder instruksi, kemudian mengamati instruksi tersebut dan menentukan langkah selanjutnya untuk melengkapi instruksi tersebut.

2.       GPU ( Graphic Processing Unit) : prosesor dari sebuah video card, berfungsi untuk pengolahan data gambar yang akan ditampilkan dilayar monitor.

3.       AGP : alat yang digunakan untuk menyimpan image 3D. Dan untuk berkoneksi dari point-to-point diantara graphics card dengan sistem memori di CPU.

4.       Monitor : alat untuk menampilkan hasil yang diolah dari CPU.

5.       Memory : bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data. RAM (Random Access Memory) RAM adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila sumber listrik dihilangkan/padam. Karena sifat RAM yang volatile ini, maka program komputer tidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara, yang tidak begitu vital saat aliran daya terputus. ROM (Read Only Memory) ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non-volatile, artinya data tidak akan terhapus meskipun sumber listrik padam. Karena sifat ROM yang non-volatile, maka ROM dipergunakan untuk menyimpan program. Ada beberapa tipe ROM, diantaranya ROM murni, PROM, dan EPROM. PROM (Programmable ROM) adalah ROM yang dapat diprogram sendiri oleh pemakai.

6.       Memory Controller : sebuah chip yang ditemukan pada northbridge motherboard yang berfungsi untuk membaca dan menulis operasi dengan memory komputer, menjaga RAM agar tetap aktif dengan memasok memory dalam arus listrik.

7.       FSB (Front Side Bus) : menghubungkan prosesor dengan chipset northbridge pada motherboard. jalur ini sebagai tempat lintasan data atau informasi yang diwujudkan dalam bentuk sinyal-sinyal elektronis.

8.       Northbridge : Merupakan bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. Dengan demikian, Northbridge bertugas mengendalikan/ menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Bahkan pada sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller (pengendali video terintegrasi). Pada sistem Intel istilah integrated video controller ini disebut dengan nama Graphics and Memory Controller Hub (GMCH). Northbridge juga berperan menentukan jumlah, type dan kecepatan CPU yang dapat dipasangkan pada motherboard, termasuk menentukan jumlah, kecepatan dan type RAM yang dapat digunakan. Setiap jenis chipset, kebanyakan dirancang hanya untuk mendukung seri prosesor tertentu saja, dengan jumlah RAM yang dapat dipasangkan bervariasi bergantung type prosesor dan desain motherboardnya sendiri.

9.       Southbridge : Southbridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya. Southbridge berhubungan dengan periperal, memalui jalur penghubung yang kecepatannya (kecepatan bus) lebih lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang digunakan oleh northbridge. Pada beberapa chipset modern, southbridge sebenarnya mengandung (memuat) pheripheral yang terintegrasi pada chip, seperti ethernet, USB, dan audio.

10.   USB Drive : alat penyimpanan datamemori kilattipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. USB Drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.  USB Drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

11.   Firewire Drive : jenis kabel data yang mampu mengirim data dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil di antara saluran lain seperti USB.

12.   PCI Bus (Peripheral Component Interconnect) :  busyang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu dapat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal.

13.   ISA Bus(Industry Standard Architecture) : sebuah arsitektur busdengan bus data selebar 8-bityang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar menjadi 16-bit pada IBM PC/AT pada tahun 1984, sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi dua bagian, yakni ISA 16-bit dan ISA 8-bit. ISA merupakan bus dasar dan paling umum digunakan dalam komputer IBM PC hingga tahun 1995, sebelum akhirnya digantikan oleh bus PCI yang diluncurkan pada tahun 1992.

14.   FDD (floppy disk drive) : Merupakan Suatu drive yang berfungsi untuk membaca data dari sebuah diskette atau menulis data ke diskette. Data yang tersimpan pada sebuah diskette dapat dilihat apa isinya, dapat dioperasikan dan dapat dibuat untuk menyimpan data lagi dengan bantuan FDD. Tanpa FDD disket tidak bisa digunakan atau dioperasikan di komputer.Adapun komponen-komponen pembentuk FDD antara lain : Read/Write Heads, Head Actuator, Spindle Motor, Circuit Boards, Faceplate dan Connectors.

15.   Optical Drive : perangkat keras penyimpan data dengan menggunakan media penyimpanan berupa keping CD/DVD dan dilakukan dengan teknologi optik.teknologi optik yang digunakan media ini adalah penggunaan laser untuk menulis dan mengambil data.

16.   Harddisk : sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan datasekunder dan berisi piringan magnetis. Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, harddisk bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah.

17.   RTC (Real Time Clock) : jenis pewaktu yang bekerja berdasarkan waktu yang sebenarnya atau dengan kata lain berdasarkan waktu yang ada pada jam kita. Agar dapat berfungsi, pewaktu ini membutuhkan dua parameter utama yang harus ditentukan, yaitu pada saat mulai (start) dan pada saat berhenti (stop).

18.   Keyboard : untuk memasukkan perintah, teks, data numerik dan jenis-jenis data dengan menekan tombol pada keyboard.

19.     Mouse : Merupakan suatu pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar. Dengan menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Setelah cursor menempati posisi tertentu di layar, tombol yang ada di mouse dapat ditekan untuk beberapa keperluan tergantung dari program yang digunakan.

20.     MCA Bus  (Micro Channel Architecture) adalah sebuah bus I/Ober-bandwidth32-bit yang digunakan dalam beberapa komputer mikro. Bus ini dibuat oleh IBM yang ditujukan untuk menggantikanbus ISA 8-bit/16-bit yang lambat, selain tentunya untuk menghadapi masalah bottleneck yang terjadi akibat kecepatan prosesor yang semakin tinggi tapi tidak diimbangi dengan kecepatan bus I/O. Komputer yang menggunakan bus ini pun hanya sedikit, mengingat memang IBM mewajibkan para vendor untuk membayar royalti kepada iBM untuk mendapatkan lisensi bus MCA. Karena hal ini banyak vendor yang kurang setuju dengan IBM membuat “partai oposisi”, dengan membuat bus EISA.

21.     Serial port : sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekaligus.

22.     Parallel port : sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel

23.     Ide controller : penghubung utama komponen harddisk, CD ROM dan Floppy Disk dengan komputer. IDE controller merupakan media standard untuk media penyimpanan permanen.


Struktur Sistem Operasi

Sebuah sistem yang besar dan kompleks seperti sistem operasi modern harus diatur dengan cara membagi task kedalam komponen-komponen kecil agar dapat berfungsi dengan baik dan mudah.

 

Berikut ini adalah Struktur Sistem Operasi;



  Struktur Sederhana

·         Semua komponen sistem operasi bercampur

·          Semua rutin sistem operasi dapat mengakses rutin yang lainnya

·         Tidak ada pemisahan yang jelas antara aplikasi dan sistem operasi

Ø  Akibatnya program-program malware mudah memodifikasi dan merusak sistem operasi

Ø   Program aplikasi memiliki akses untuk memodifikasi bagian sistem opera


Contoh : Ms-Dos, UNIX

                            

Layanan dapat dilakukan sangat cepat karena terdapat di satu ruang alamat.


   Sistem berlapis 

Level

Nama

Objek

13

Shell

User programming environment

12

Proses pengguna

Proses pengguna

11

Di rektori

Di rektori

10

Peranti

Peranti eksternal

9

Sistem berkas

berkas

8

Komunikasi

pipa

7

Memori virtual

Segmen,halaman

6

Penyimpanan Sekunder local

Blok data,saluran penalti

5

Proses primitive

Proses primitive , semafor , ready list

4

Interupsi

Program penanganan inerupsi

3

Prosedur

Prosedur , call – stack , tampilan

2

Set instruksi

Stack,microprogram interpreter , scalar , dan array data

1

Sirkuit elektronik

Register , gerbang , bus , dll




Sistem berlapis yaitu , sebagai berikut:

·  Lapisan 1. Berisi berbagai sirkuit elektronik, misal register, memory cells, dan logic gate.

· Lapisan 2. Berisi instruksi prosesor, misal instruksi aritmatika, instruksi transfer data, dsb.

·  Lapisan 3. Penambahan konsep seperti prosedur/subrutin, maupun fungsi yang me-return nilai tertentu.

· Lapisan 4. Penambahan interrupt.

·Lapisan 5. Program sebagai sekumpulan instruksi yang dijalankan oleh prosesor.

· Lapisan 6. Berhubungan dengan secondary storage device, yaitu membaca/menulis head, track, dan sektor.

· Lapisan 7. Menciptakan alamat logika untuk proses. Mengatur hubungan antara main memory, virtual memory, dan secondary memory.

·  Lapisan 8. Program sebagai sekumpulan instruksi yang dijalankan oleh prosesor.

·  Lapisan 9. Berhubungan dengan secondary storage device, yaitu membaca/menulis head,track, dan sektor.

· Lapisan 10. Menciptakan alamat logika untuk proses. Mengatur hubungan antara main memory, virtual memory, dan secondary memory.

·   Lapisan 11. Program sebagai sekumpulan instruksi yang dijalankan oleh prosesor.

·  Lapisan 12. File adalah objek yang memiliki nama dan ukuran. Abstraksi dari lapisan 9.

· Lapisan 13. Menyediakan interface agar bisa berinteraksi dengan pengguna.


sistem operasi ini memiliki empat bagian terdiri dari :

 1.       Perangkat keras

        Lebih berhubungan kepada perancang sistem. Lapisan ini mencakup lapisan level 1 sampai   dengan level 4.

2.       Sistem operasi

       Lebih berhubungan kepada programer.lapisan ini mencakup level 5 sampai dengan level 7.

3.    kelengkapan 

       Lebih berhubungan kepada programer. Lapisan ini mencakup level 8 sampai dengan level 11

4.     Program aplikasi.

        Lebih berhubungan kepada pengguna aplikasi komputer. Lapisan ini mencakup level 12 dan level 13.

 

 


Komponen Sistem Operasi

Sistem operasi ini terdiri dari beberapa komponen, antara lain manajemen proses, manajemen memori utama, manajemen file, manajemen sistem I/O , system proteksi dan system command interpreter.

Manajemen proses

Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Sebuah proses memerlukan sumber daya (resource) tertentu seperti waktu CPU, memori, file dan perangkat I/O untuk menyelesaikan tugasnya.

Untuk mengatur proses yang ada, sistem operasi bertanggung jawab pada aktrifitas-aktifitas yang berhubungan dengan manajemen proses berikut :

·         Pembuatan dan penghapusan proses yang dibuat saya atau sistem.

·         Menghentikan proses sementara dan melanjutkan proses.

·         Menyediakan kelengkapan mekanisme untuk sinkronisasi proses , rendering dan komunikasi proses.

Manajemen memori utama

Memori utama atau biasanya disebut dengan memori adalah sebuah array besar berukuran word atau byte, dimana setiap array tersebut mempunyai alamat tertentu. Memori adalah penyimpan yang dapat mengakses data dengan cepat yang digunakan oleh CPU dan perangkat I/O. Memori adalah perangkat penyimpan volatile. Isi memori akan hilang apabila terjadi kegagalan system.

Untuk mengatur memori, sistem operasi bertanggung jawab pada aktifitas aktifitas manajemen memori sebagai berikut :

·         Menjaga dan memelihara bagian-bagian memori yang sedang digunakan dan dari yang menggunakan.

·         Memutuskan proses-proses mana saja yang harus dipanggil ke memori jika tersedia ruang di memori.

·         Mengalokasikan dan mendealokasikan ruang memori jika diperlukan.


Manajemen file

File adalah kumpulan informasi yang saling berhubungan yang sudah didefinisikan oleh pembuatnya (user). Biasanya, file berupa program (baik dalam bentu source maupun object) dan data.

Untuk mengatur file, sistem operasi bertanggung jawab pada aktifitas-aktifitas yang berhubungan dengan manajemen file sebagai berikut:

·         Pembuatan dan penghapusan file.

·         Pembuatan dan penghapusan direktori.

·         Primitif-primitif yang mendukung untuk manipulasi file dan direktori.

·         Pemetaan file ke memori sekunder.

·         Backup file ke media penyimpanan yang stabil (nonvolatile).

 

Manajemen I/O

Sistem operasi bertanggung-jawab pada aktifitas-aktifitas sistem I/O sebagai berikut:

·          Sistem buffer-caching.

·         Driver untuk device hardware-hardware tertentu yang telah di setting.


Sistem proteksi

Proteksi adalah suatu mekanisme untuk mengontrol akses oleh program, proses atau user pada sistem maupun resource dari user

 

Sistem Command interpreter

Beberapa perintah yang dimasukkan ke sistem operasi menggunakan pernyataan kontrol yang digunakan untuk

·         Manajemen dan pembuatan proses

·         Penangananan I/O

·         Manajemen penyimpan sekunder

·         Manajemen memori utama

·         Proteksi


Pelayanan sistem operasinya

Sistem operasi menyediakan layanan untuk melakukan pemrograman dengan mudah.

Operasi-operasi I/O. Pada saat running program kemungkinan dibutuhkan I/O, mungkin berupa file atau peralatan I/O. Agar efisien dan aman, maka user tidak boleh mengontrol I/O secara langsung, pengontrolan dilakukan oleh sistem operasi yang sudah di set.

OS EL secara otomatis akan synchronize antara lagu dan sample dari footage yang memiliki suara yang sama sehingga kita tidak pelrlu menyatukan itu secara manual .sistem ini setiap 5 menit atau 10 menit dia akan menyimpan file editing  secara otomatis atau dengan waktu yang sudah di setting sehingga Ketika laptop mengalami freeze , atau not responding tidak perlu khawatir karna sistem sudah menyimpan file secara otomatis . OS EL juga secara otomatis akan melakukan End Task  sistem lainnya yang menggangu proses pengeditan berlangsung ,sehingga mengurangi kemungkinan Not Responding pada aplikasi yang sudah di set untuk OS El .

 

Proses sistem operasinya

Proses dari sistem operasi ini adalah jika program di eksekusi dengan otomatis OS El langsung bekerja sebagaimana tugasnya yaitu yang terutama melakukan end task kepada sistem sistem yang tidak di perlukan begitulah kurang lebih kinerja  OS El .

 

 


 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Penting Storage Gateway Pada Era 5.0

  Storage Gateway. peran penting storage gateway pada era 5.0 storage gateway memiliki peranan yang sangat penting dalam era 5.0 ini yang di...