Latar belakang
Melihat dari beberapa masalah yang sering terjadi pada pengguna software” editing . Maka sistem operasi ini di buat agar mengurangi Bug atau crach pada software-software secara khusus dan memudahkan penggunanya dalam pekerjaan , dengan ini saya merancang Sistem Operasi yang di beri nama OS El. Yang dimana Outputnya ketika kita membuka software yang telah di setting dmaka otomatis sistem operasi ini akan bekerja sebagaimana tugasnya . contoh kecilnya MengEnd Task Sistem yang tidak di perlukan saat membuka adobe priemere pro agar proses rendering bekerja secara optimal lalu dengan otomatis synchronize antara lagu dan footage vidio yang berisi bagsound sama dengan lagu .
Tujuan penelitian
Dari pernyataan - pernyataan di atas dapat di rumuskan bahwa tujuan perancangan ini adalah sebagai berikut :
1.Yang pertama tentu untuk memenuhi syarat dari project mata kuliah sistem operasi
2. Merancang sistem operasi yang akan saya beri nama OS EL
3. Mempercepat dalam proses rendering video dalam proses editing
4. Untuk memudahkan pekerjaan dalam pekerjaan saya sebagai Konten Creator , yang kesehariannya hanya mengedit dan menyatukan footage-footage ( membuat video music )
Manfaat penelitiaan
Berdasarkan penelitian saya manfaat dari OS ini sebagai berikut :
1. Manfaatnya agar mempermudah dan mempercepat dalam pekerjaan saya sebagai Director Music Vidio Hip-hop , Dokumenter video , Cinematic , dan lain-lain.
2. Mengurangi crach dan freeze dalam proses editing
3. Menambah wawasan dan cara berfikir saya sebagai mana project ini membuat saya harus berikir bagaimana saya membuat OS yang membantu saya dalam pekerjaan saya walau hanya sampingan karna saya adalah mahasiswa dari Universitas papua.
Arsitektur modern komputer
GPU = Graphics Processing Unit; AGP = Accelerated Graphics Port; HDD = Hard Disk Drive; FDD = Floppy Disk Drive; FSB = Front Side Bus; USB = Universal Serial Bus; PCI = Peripheral Component Interconnect; RTC = Real Time Clock; PATA = Pararel Advanced Technology Attachment; SATA = Serial Advanced Technology Attachment; ISA = Industry Standard Architecture; IDE = Intelligent Drive Electronics/Integrated Drive Electronics; MCA = Micro Channel Architecture; PS/2 =Sebuah port yang dibangun IBM untuk menghubungkan mouse ke PC ;
1. Processor : otak dari sebuah
komputer atau komponen pokok dari sistem komputer. Fungsinya untuk menunjukkan
instruksi ke fetch intstruksi ke sebuah spot di memori yang menampung
instruksi. Fetch kemudian menangkap instruksi tersebut dan memberikan ke
dekoder instruksi, kemudian mengamati instruksi tersebut dan menentukan
langkah selanjutnya untuk melengkapi instruksi tersebut.
2. GPU ( Graphic Processing Unit) :
prosesor dari sebuah video card, berfungsi untuk pengolahan data gambar yang
akan ditampilkan dilayar monitor.
3.
AGP : alat
yang digunakan untuk menyimpan image 3D. Dan untuk berkoneksi dari
point-to-point diantara graphics card dengan sistem memori di CPU.
4.
Monitor :
alat untuk menampilkan hasil yang diolah dari CPU.
5.
Memory :
bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data. RAM
(Random Access Memory) RAM adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis. Data
dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila sumber
listrik dihilangkan/padam. Karena sifat RAM yang volatile ini, maka program
komputer tidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan untuk menyimpan data
sementara, yang tidak begitu vital saat aliran daya terputus. ROM (Read Only
Memory) ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam
ROM bersifat non-volatile, artinya data tidak akan terhapus meskipun sumber
listrik padam. Karena sifat ROM yang non-volatile, maka ROM dipergunakan untuk
menyimpan program. Ada beberapa tipe ROM, diantaranya ROM murni, PROM, dan
EPROM. PROM (Programmable ROM) adalah ROM yang dapat diprogram sendiri oleh
pemakai.
6.
Memory
Controller : sebuah chip yang ditemukan pada northbridge motherboard yang
berfungsi untuk membaca dan menulis operasi dengan memory komputer, menjaga RAM
agar tetap aktif dengan memasok memory dalam arus listrik.
7.
FSB (Front
Side Bus) : menghubungkan prosesor dengan chipset northbridge pada motherboard.
jalur ini sebagai tempat lintasan data atau informasi yang diwujudkan dalam
bentuk sinyal-sinyal elektronis.
8.
Northbridge :
Merupakan bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan
graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan
ke southbridge. Dengan demikian, Northbridge bertugas mengendalikan/ menangani
komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Bahkan pada
sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller
(pengendali video terintegrasi). Pada sistem Intel istilah integrated video
controller ini disebut dengan nama Graphics and Memory Controller Hub (GMCH).
Northbridge juga berperan menentukan jumlah, type dan kecepatan CPU yang dapat
dipasangkan pada motherboard, termasuk menentukan jumlah, kecepatan dan type
RAM yang dapat digunakan. Setiap jenis chipset, kebanyakan dirancang hanya
untuk mendukung seri prosesor tertentu saja, dengan jumlah RAM yang dapat
dipasangkan bervariasi bergantung type prosesor dan desain motherboardnya
sendiri.
9.
Southbridge :
Southbridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan
Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur
power management dan sejumlah perangkat lainnya. Southbridge berhubungan dengan
periperal, memalui jalur penghubung yang kecepatannya (kecepatan bus) lebih
lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang
digunakan oleh northbridge. Pada beberapa chipset modern, southbridge
sebenarnya mengandung (memuat) pheripheral yang terintegrasi pada chip, seperti
ethernet, USB, dan audio.
10.
USB Drive
: alat penyimpanan datamemori kilattipe NAND yang memiliki alat
penghubung USB yang terintegrasi. USB Drive ini biasanya berukuran
kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. USB Drive
memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram
flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan
kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki
bagian yang bergerak) daripada disket.
11.
Firewire
Drive : jenis kabel data yang mampu mengirim data dengan kecepatan sangat
cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim
sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil di antara saluran
lain seperti USB.
12.
PCI
Bus (Peripheral Component Interconnect) : busyang didesain untuk
menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah
suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent
bus itu dapat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal.
13.
ISA
Bus(Industry Standard Architecture) : sebuah arsitektur busdengan bus data
selebar 8-bityang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada
tanggal 12 Agustus 1981. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus
data selebar menjadi 16-bit pada IBM PC/AT pada
tahun 1984, sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi dua
bagian, yakni ISA 16-bit dan ISA 8-bit. ISA merupakan bus dasar dan paling umum
digunakan dalam komputer IBM PC hingga tahun 1995, sebelum akhirnya
digantikan oleh bus PCI yang diluncurkan pada tahun 1992.
14.
FDD (floppy
disk drive) : Merupakan Suatu drive yang berfungsi untuk membaca data dari
sebuah diskette atau menulis data ke diskette. Data yang tersimpan pada sebuah
diskette dapat dilihat apa isinya, dapat dioperasikan dan dapat dibuat untuk
menyimpan data lagi dengan bantuan FDD. Tanpa FDD disket tidak bisa digunakan
atau dioperasikan di komputer.Adapun komponen-komponen pembentuk FDD antara
lain : Read/Write Heads, Head Actuator, Spindle Motor, Circuit Boards,
Faceplate dan Connectors.
15.
Optical Drive
: perangkat keras penyimpan data dengan menggunakan media penyimpanan
berupa keping CD/DVD dan dilakukan dengan teknologi optik.teknologi optik
yang digunakan media ini adalah penggunaan laser untuk menulis dan mengambil
data.
16.
Harddisk
: sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan datasekunder
dan berisi piringan magnetis. Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan
guncangan, harddisk bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah.
17.
RTC (Real
Time Clock) : jenis pewaktu yang bekerja berdasarkan waktu yang sebenarnya atau
dengan kata lain berdasarkan waktu yang ada pada jam kita. Agar dapat berfungsi,
pewaktu ini membutuhkan dua parameter utama yang harus ditentukan, yaitu pada
saat mulai (start) dan pada saat berhenti (stop).
18.
Keyboard
: untuk memasukkan perintah, teks, data numerik dan jenis-jenis data
dengan menekan tombol pada keyboard.
19. Mouse : Merupakan suatu
pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar. Dengan
menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja, cursor di layar akan
bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Setelah cursor menempati
posisi tertentu di layar, tombol yang ada di mouse dapat ditekan untuk beberapa
keperluan tergantung dari program yang digunakan.
20. MCA Bus (Micro Channel Architecture) adalah sebuah bus I/Ober-bandwidth32-bit yang digunakan dalam beberapa komputer
mikro. Bus ini dibuat oleh IBM yang ditujukan untuk menggantikanbus
ISA 8-bit/16-bit yang lambat, selain tentunya untuk menghadapi masalah
bottleneck yang terjadi akibat kecepatan prosesor yang semakin tinggi tapi
tidak diimbangi dengan kecepatan bus I/O. Komputer yang menggunakan bus ini pun
hanya sedikit, mengingat memang IBM mewajibkan para vendor untuk membayar
royalti kepada iBM untuk mendapatkan lisensi bus MCA. Karena hal ini banyak
vendor yang kurang setuju dengan IBM membuat “partai oposisi”, dengan
membuat bus EISA.
21. Serial port : sebuah port pada
personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada
satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan
untuk melakukan secara banyak sekaligus.
22. Parallel port : sebuah port pada
personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard)
dengan perangkat luar yang bersifat paralel
23. Ide controller : penghubung utama
komponen harddisk, CD ROM dan Floppy Disk dengan komputer. IDE controller
merupakan media standard untuk media penyimpanan permanen.
Struktur Sistem Operasi
Sebuah sistem yang besar dan kompleks
seperti sistem operasi modern harus diatur dengan cara membagi task kedalam komponen-komponen
kecil agar dapat berfungsi dengan baik dan mudah.
Berikut ini adalah Struktur Sistem Operasi;
Struktur Sederhana
·
Semua komponen sistem operasi bercampur
·
Semua rutin sistem
operasi dapat mengakses rutin yang lainnya
·
Tidak ada pemisahan yang jelas antara aplikasi dan sistem
operasi
Ø Akibatnya
program-program malware mudah memodifikasi dan merusak sistem operasi
Ø Program aplikasi memiliki akses untuk memodifikasi bagian sistem opera
Layanan dapat
dilakukan sangat cepat karena terdapat di satu ruang alamat.
Sistem berlapis
Level |
Nama |
Objek |
13 |
Shell |
User programming environment |
12 |
Proses pengguna |
Proses pengguna |
11 |
Di rektori |
Di rektori |
10 |
Peranti |
Peranti eksternal |
9 |
Sistem berkas |
berkas |
8 |
Komunikasi |
pipa |
7 |
Memori virtual |
Segmen,halaman |
6 |
Penyimpanan Sekunder local |
Blok data,saluran penalti |
5 |
Proses primitive |
Proses primitive , semafor , ready
list |
4 |
Interupsi |
Program penanganan inerupsi |
3 |
Prosedur |
Prosedur , call – stack , tampilan |
2 |
Set instruksi |
Stack,microprogram interpreter ,
scalar , dan array data |
1 |
Sirkuit elektronik |
Register , gerbang , bus , dll |
Sistem berlapis
yaitu , sebagai berikut:
· Lapisan 1. Berisi berbagai sirkuit elektronik, misal register, memory cells, dan logic gate.
· Lapisan 2. Berisi instruksi prosesor, misal instruksi aritmatika, instruksi transfer data, dsb.
· Lapisan 3. Penambahan konsep seperti prosedur/subrutin, maupun fungsi yang me-return nilai tertentu.
· Lapisan 4. Penambahan interrupt.
·Lapisan 5. Program sebagai sekumpulan instruksi yang dijalankan oleh prosesor.
· Lapisan 6. Berhubungan dengan secondary storage device, yaitu membaca/menulis head, track, dan sektor.
· Lapisan 7. Menciptakan alamat logika untuk proses. Mengatur hubungan antara main memory, virtual memory, dan secondary memory.
· Lapisan 8. Program sebagai sekumpulan instruksi yang dijalankan oleh prosesor.
· Lapisan 9. Berhubungan dengan secondary storage device, yaitu membaca/menulis head,track, dan sektor.
· Lapisan 10. Menciptakan alamat logika untuk proses. Mengatur hubungan antara main memory, virtual memory, dan secondary memory.
· Lapisan 11. Program sebagai sekumpulan instruksi yang dijalankan oleh prosesor.
· Lapisan 12. File adalah objek yang memiliki nama dan ukuran. Abstraksi dari lapisan 9.
· Lapisan 13. Menyediakan interface agar bisa berinteraksi dengan pengguna.
sistem operasi ini memiliki empat bagian
terdiri dari :
Lebih berhubungan
kepada perancang sistem. Lapisan ini mencakup lapisan level 1 sampai dengan
level 4.
2. Sistem operasi
Lebih berhubungan kepada programer.lapisan ini mencakup level 5 sampai dengan level 7.
3. kelengkapan
Lebih berhubungan
kepada programer. Lapisan ini mencakup level 8 sampai dengan level 11
4. Program aplikasi.
Lebih berhubungan
kepada pengguna aplikasi komputer. Lapisan ini mencakup level 12 dan level 13.
Komponen Sistem Operasi
Sistem operasi ini terdiri dari beberapa komponen, antara lain manajemen proses, manajemen memori utama, manajemen file, manajemen sistem I/O , system proteksi dan system command interpreter.
Manajemen proses
Proses adalah program yang sedang
dieksekusi. Sebuah proses memerlukan sumber daya (resource) tertentu seperti
waktu CPU, memori, file dan perangkat I/O untuk menyelesaikan tugasnya.
Untuk mengatur proses yang ada, sistem
operasi bertanggung jawab pada aktrifitas-aktifitas yang berhubungan dengan
manajemen proses berikut :
·
Pembuatan dan penghapusan proses yang
dibuat saya atau sistem.
·
Menghentikan proses sementara dan
melanjutkan proses.
· Menyediakan kelengkapan mekanisme untuk sinkronisasi proses , rendering dan komunikasi proses.
Manajemen memori utama
Memori utama atau biasanya disebut
dengan memori adalah sebuah array besar berukuran word atau byte, dimana setiap
array tersebut mempunyai alamat tertentu. Memori adalah penyimpan yang dapat
mengakses data dengan cepat yang digunakan oleh CPU dan perangkat I/O. Memori
adalah perangkat penyimpan volatile. Isi memori akan hilang apabila terjadi
kegagalan system.
Untuk mengatur memori, sistem operasi
bertanggung jawab pada aktifitas aktifitas manajemen memori sebagai berikut :
·
Menjaga dan memelihara bagian-bagian
memori yang sedang digunakan dan dari yang menggunakan.
·
Memutuskan proses-proses mana saja yang
harus dipanggil ke memori jika tersedia ruang di memori.
· Mengalokasikan dan mendealokasikan ruang memori jika diperlukan.
Manajemen file
File adalah kumpulan informasi yang
saling berhubungan yang sudah didefinisikan oleh pembuatnya (user). Biasanya,
file berupa program (baik dalam bentu source maupun object) dan data.
Untuk mengatur file, sistem operasi
bertanggung jawab pada aktifitas-aktifitas yang berhubungan dengan manajemen
file sebagai berikut:
·
Pembuatan dan penghapusan file.
·
Pembuatan dan penghapusan direktori.
·
Primitif-primitif yang mendukung untuk
manipulasi file dan direktori.
·
Pemetaan file ke memori sekunder.
·
Backup file ke media penyimpanan yang
stabil (nonvolatile).
Manajemen I/O
Sistem operasi bertanggung-jawab pada aktifitas-aktifitas
sistem I/O sebagai berikut:
·
Sistem buffer-caching.
· Driver untuk device hardware-hardware tertentu yang telah di setting.
Sistem proteksi
Proteksi adalah suatu mekanisme untuk
mengontrol akses oleh program, proses atau user pada sistem maupun resource
dari user
Sistem Command interpreter
Beberapa perintah yang dimasukkan ke sistem operasi
menggunakan pernyataan kontrol yang digunakan untuk
·
Manajemen dan pembuatan proses
·
Penangananan I/O
·
Manajemen penyimpan sekunder
·
Manajemen memori utama
·
Proteksi
Pelayanan sistem operasinya
Sistem operasi
menyediakan layanan untuk melakukan pemrograman dengan mudah.
Operasi-operasi I/O. Pada saat running program kemungkinan dibutuhkan I/O,
mungkin berupa file atau peralatan I/O. Agar efisien dan aman, maka user tidak
boleh mengontrol I/O secara langsung, pengontrolan dilakukan oleh sistem
operasi yang sudah di set.
OS EL secara otomatis akan synchronize
antara lagu dan sample dari footage yang memiliki suara yang sama sehingga kita
tidak pelrlu menyatukan itu secara manual .sistem ini setiap 5 menit atau 10
menit dia akan menyimpan file editing secara otomatis atau dengan waktu yang sudah
di setting sehingga Ketika laptop mengalami freeze , atau not responding tidak perlu khawatir karna
sistem sudah menyimpan file secara otomatis . OS EL juga secara otomatis akan
melakukan End Task sistem lainnya yang
menggangu proses pengeditan berlangsung ,sehingga mengurangi kemungkinan Not
Responding pada aplikasi yang sudah di set untuk OS El .
Proses sistem operasinya
Proses dari sistem operasi ini adalah
jika program di eksekusi dengan otomatis OS El langsung bekerja sebagaimana
tugasnya yaitu yang terutama melakukan end task kepada sistem sistem yang tidak
di perlukan begitulah kurang lebih kinerja OS El .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar